Saturday, September 7, 2013

Festival Kuliner Serpong 2013 - Summarecon Mall Serpong

Panggung Rumah Adat Jawa di FKS 2013

Untuk ketiga kali nya Festival Kuliner Serpong (FKS) diadakan di Summarecon Mall Serpong(SMS). Dari tanggal 27 Aug - 22 Sept 2013. Jadi yang belum sempet kesini masih ada waktu 2 minggu semenjak blog ini di buat :)

Tahun ini 2013 mengenai masakan Jawa dengan embel embel Jawa Sing Ngangeni :).. Tahun 2012 dengan tema "Minang Nan Rancak" kalau tidak salah ingat hehehe, untuk pertama kali tahun 2011 mengenai masakan Bali saya lupa embel2 nya :D

Ok, sebagai wong Jowo tentu FKS 2013 ini wajib di sambangi, secara lagi kangen juga dengan masakan Jawa dan penasaran dengan seberapa otentik nya sih masakan nya :). So tanggal 3 Sept 13 langsung meluncur menuju SMS, sampai di sana sekitar jam 17.00.

Sampai di FKS langsung menuju loket penjualan tiket makan (uang asli di tuker uang FKS :D). Karena cuma ber tiga sama istri dan anak masih balita, jadi tuker tiket 150rb sajah.
Loket Penjualan Tiket

Keliling lokasi FKS dengan semangat 45 (selain penasaran, juga memang panggilan alam perut lagi nyanyi musik keroncong dengan gaya heavy metal).
Suasana FKS di sore hari

Dilihat dari beberapa tenan banyak juga yang sama dengan tahun lalu dan bukan asli masakan Jawa hahaha. Misal sebut saja Mie Aloi (Palembang), Soto Betawi H.Mamat (Betawi), Sate Padang Mak Syukur, dll. Untuk dekor sudah cukup bagus, ada Monumen Tugu dari Jogja, panggung rumah adat Jawa, andong dan beberapa "penjaga keraton" :)
Stasiun Tugu

Beberapa dekor nya

andong alias dokar

Ok, karena bertema Jawa, tentu pilihan makanan harus khas Jowo toh yo.. Setelah keliling keliling kok malah jadi bingung. Yang sempet nyantol cuma Lumpia Semarang sluurrpp. Tapi ga afdol perut kosong cuma di ganjel lumpia, akhirnya diputuskan beli Nasi Goreng Babat GG. Baru Semarang dan Nasi Uduk Bu Jum
Secara belum pernah cicipin yang asli nya sono, jadi ya ga tau juga seberapa otentik nih pesenan nya :), secara rasa untuk nasi goreng Babat ya so so lah, untuk nasi Uduk juga so so lah...
Pilihan menu nasi uduk bu jum
Nasi Goreng Babat
Nambah lagi Nasi Ulam sekalian buat makan si kecil :), rasa ya lumayan juga. Setelah agak kenyang, inget lagi deh sama Lumpia, langsung meluncur ke stand Lumpia beli satu porsi dapet 2 lumpia goreng harga 25.000, nah untuk Lumpia ini memang rasa OK, kangen makan lumpia di mobil yang parkir sewaktu jalan jalan ke Semarang hehehe :).
Lumpia semarang

Puas makan lumpia kok ngidam es, keliling-keliling ada beberapa es, tapi kok cuma es cendol yang menarik. pesen deh es cendol gerobak, rasa ya begitulah (kemanisan, jadi minta tambah santan). Selesai makan keliling keliling bentar FKS nya, ga lama cabut deh balik ke dalam Mall.

Sebagai Wong Jowo, kuliner ini bisa di bilang kurang mantep yah... Secara Nasi Liwet kok dari Wong Solo (resto di JKT), seharusnya datengin tuh nasi liwet keprabon :), terus untuk Gudeg dari Guden Laminten ini sudah mantap :), kemudian tidak ada masakan Magelang kayak nasi Goreng dan Mie Godhog hehehe.. Tapi balik ke selera masing-masing.. Mantap ga mantap itu relatif :D

Keliling keliling ya kira kira beberapa tempat yang wajib di cicipin :)
1. Lumpia Semarang RM. Boulevard
2. Serabi Notosuman Ny. Handayani
3. Gudeg Laminten,
4. Kopi Joss Pak Mull (belum coba tapi bikin penasaran)
5. Sate Klathak dan Sate Sapi
6. Soto Bangkong (Kalo nyoto bangkong, jangan lupa pake sate kerang, mak nyuss)

Sekian goresan mengenai FKS 2013 ini :). Selamat makan enak :)


Thanks for reading..
Danny

2 comments:

Bee said...

ane dah coba kopi joss-nya gan... emang mantep sih, kopi susu campur areng-nya... walau harga-nya harga premium mall, 17K :D.

btw, ada yg salah tanggal tuh gan, kok tgl 3 agustus 2013 ?

Unknown said...

hohoho iya salah ketik bulan, yg boneng 3 sep :-). tks gan
wah mantep tu kyknya kopi joss, next time cobain deh