Thursday, November 5, 2009

Mt. Bromo - So Wonderful part. 3

Trip To Bromo Crater
Selesai foto-foto kita kembali berkumpul di parkiran mobil. Sambil menunggu kumpul semua, gw motret motret juga view ke arah kota dari parkiran mobil..
view dari parkiran mobil ke arah kota

Kira-kira jam 6.30 kita semua sudah berkumpul, dan perjalanan dilanjutkan menuju kawah Bromo detap dengan menggunakan Innova. :)
Perjalanan menuju kawah Bromo ini ternyata lumayan jauh juga hampir memakan waktu 1 jam. Kondisi jalanan cukup parah, banyak lubang disana sini, turunan curam, belokan tajam dan jalan sempit... Ditambah lagi dengan kabut yang cukup tebal ketika memasuki daerah di balik awan kapas :)... Selama perjalanan ketiduran sebentar dan sempet motret motret dikit dari dalam mobil..
salah satu foto kearah jalanan yang turun cukup curam. Tuh bukit di depan kawah bromo nya :)

efek mist itu memang karena kabut yang mengembun di kaca mobil...

Dibalik Kapas (Inside Cotton) - Mt. Bromo
Akhirnya sampai juga ke bawah... Wow sampai di bawah ternyata lebih parah... Jalanannya berdebu parah, kayak gurun pasir... Sejauh mata memandang hanya savana (padang rumput) yang gersang dan berdebu parah... Bener-bener berkesan mistis :). Awan diatas itu kapas-kapas yang tadi kita lihat dari Penanjakan. Awannya terasa pendek :)..

Dust and Mystic place - Mt. Bromo
Perjalanan menuju parkiran mobil pun kira-kira memakan waktu 15 menit... Perjalanan disini memang disarankan menggunakan mobil hardtop, karena kondisi jalanan belum beraspal, bergelombang dan banyak lobang lobang berpasir... Jadi selama perjalanan menuju parkiran kita menjumpai beberapa mobil yang terperosok di lobang-lobang berpasir, mesti didorong atau ditarik mobil lain tuh untuk keluar dari lobang nya.. Untung pengemudi Innova kita sudah ahli dengan medan nya, sehingga Amin kita sampai ke parkiran dengan lancar.
Begitu parkir, semuanya sudah pada kelelahan... Disini cuma gw aja yang masih nekad mau turun hahaha.. Uuda jauh jauh kesini nanggung kalo ga turun... Dan selain pada capek, kondisi udara di luar ini bener-bener menyiksa... Bau belerang, debu tebal bikin sesek nafas... Uda gitu ditambah udara yang dingin-dingin lembab bikin tambah arrgh... wuiihh... 5 menit begitu turun dari mobil aja gw uda ga betah.. pengin balik ke mobil dan lanjut jalan pulang.. Tapi karena rasa penasaran jauh lebih kuat ya uda gw tetep nekad keluarin kamera and menuju ke kawah Bromo... Dari sini gw cuma bawa body kamera & lens 17-40 gw yang katanya memang weather sealent :)
 Parkiran kawah bromo

tuh baru satu kuda aja uda segitu debu nya... Di belakangnya ada siluet temple Hindu nya

Sebenarnya ada jasa penyewaan kuda untuk menuju ke kawah Bromo... Harga kalo ga salah sekitar 70.000 PP... Karena masih pengin foto-foto so di putusin jalan kaki aja (Wrong choice, karena gw pake sepatu kulit pesta -_-).... Jalan dikit and sambil motret-motret... Sebelah kanan ada bukit (lupa namanya), lalu di sebelah kiri ada temple hindu... Keren juga yah ada temple di sini, and jauuuhh di depan baru kawah bromo nya hehehe...
bukit di sebelah kanan

Busyet deh. blm setengah jalan badan uda lemes banget, gerah banget gara-gara debu nya... Dwi akhirnya ga tahan lagi and stay di tengah perjalanan, sementara gw tetep nekad terusin naik ke kawah... Fiuuhh jalan menuju anak tangga nya luar biasa parah, naik turun, licin & debu nya di mana mana tiap kali kuda lewat... Wew serem sama kamera nih, mana ga bawa pelindung lagi... nekad nekad nekad terus lanjut :)

nih liat debu nya... parah banget...

Mt. Bromo Crater
Setelah perjuangan panjang sampai juga!!!... sampai ke anak tangga pertama nya kawah bromo hahaha... Liat ke depan... gleg, masih ada sekitar 100 anak tangga... Muter or lanjut? Tentu lanjut lanjut hahaha.. Tiap naik 5 tangga uda super ngos ngos an... ga kalah kayak main bulutangkis... sambil naik, sesekali liat ke belakang kalo ada view bagus foto dulu deh :)...
 beberapa view dari tangga

Kurang lebih 5 menit naik tangga akhir nya sampai juga.... alamak lemes banget, kepala pusing... Ternyata cuma gini gini aja kawahnya :)... Ya tuh liat fotonya aja :)...
 ga puas cuma liat kawah nya, liat ke belakang view nya lumayan juga... foto lagi deh

Abis itu mau turun uda kebayang perjalanannya... Oh My God, can you please send me your horse cart to take me down there.... Turun tangga 2x mau jatuh, hiks, gara-gara lemes and pusink.. Be carefull buat yang mau kesini.. Mending naik kuda sampai ke anak tangga..
tuh liat tangga nya... kehitung ga?

Back to Hotel
Sampai ke bawah, akkhir nya jalan dikit di depan ada Dwi, dwi uda khawatir gw ga balik balik lama banget hehehe... Gilee ah pokoknya udah hampir pingsan... Akhirnya balik ke mobil di putusin naik kuda aja deh... :)..

di atas kuda... motret juga :)

Dwi... Di belakangnya kalo ga salah itu bukit Batok
Sampe ke mobil kelaperan pesen mie instant dulu baru lanjut jalan pulang :). Ini udah sekitar pukul 11 an..
Di perjalanan uda lemes banget.. so langsung ketiduran... Sampai hotel akhirnya sekitar jam 14 an...

Wuahhh puas, sudah pernah menjejakkan kaki & foto di Bromo ... Abis dari Bromo masih ada acara foto pernikahan keesokan harinya... Kemudian lusa nya lanjut ke Bali :)...

End Of Trip to Bromo :)...

Complete Bromo
Mt. Bromo - So Wonderfull (part 1)
Mt. Bromo - So Wonderfull (part 2)
Mt. Bromo - So Wonderfull (part 3)

Thanks for reading..
Your comment are welcome...